Waka Polres Kuansing Pimpin Upacara HUT Satpam ke 42


HALOTERKINI.COM – Bertempat di lapangan Apel Mapolres Kuantan Singingi telah dilaksanakan Upacara HUT Satpam ke-42 tahun 2023 yang mengusung tema “Sinergitas Satpam dan Polri, Peduli Untuk Sesama”, Senin (30/01/2023) pukul 08.30 WIB. 

Kapolres Kuantan Singingi diwakili oleh Waka Polres Kuansing Kompol Lilik Surianto, S.ST, S.H., M.H, menjadi inspektur upacara HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42, Perwira Upacara oleh AKP Subagja, S.H, Komandan Upacara IPDA Sudarman, Pembawa Acara oleh Bripka Dora dan Pembaca Doa oleh Briptu Silja Gandi. 

Upacara tersebut diikuti oleh Danramil Kuantan Tengah Lettu Arm Herdianto, Kakandepag Kuansing, Pimpinan Perusahaan PT. RAPP, Pimpinan Perusahaan PT. TBS, Pimpinan Perusahaan PT. SEN, Pimpinan Perusahaan PT. IIS, Pimpinan Perusahaan PT. AAL, Pimpinan Perusahaan PT. Udaya Lohjinawi, Pimpinan Perusahaan PT. UKM, Pimpinan Perusahaan PT. ASMJ, Pimpinan Bank BRI, Pimpinan Bank BNI, Pimpinan Bank Riau Kepri, Pimpinan Bank BSI, Senkom, Kepala Sekolah SMKN 1 Taluk Kuantan, Kepala Sekolah SMKN 2 Taluk Kuantan, Kepala Sekolah SMA N 1 Taluk Kuantan dan Kepala Sekolah MAN 1 Taluk Kuantan. 

Dalam amanatnya, Waka Polres Kuansing Kompol Lilik Surianto, S.ST, S.H., M.H, menyampaikan selamat ulang tahun ke-42 kepada seluruh anggota Satuan Pengamanan, semoga di usia yang ke-42 tahun ini anggota Satpam semakin profesional dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas.

Pada kesempatan itu, Kompol Lilik juga menyampaikan bahwa “sebagai bentuk pemuliaan profesi Satpam, Polri telah mengeluarkan Perpol No. 1 Tahun 2023 tentang perubahan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang menjadi landasan hukum profesi Satpam. Perpol tersebut juga mengatur tentang perubahan seragam Satpam. Perubahan ini selain sebagai bentuk modernisasi Satpam, juga dimaksudkan agar tidak menyebabkan kebingungan masyarakat terhadap Polri dan Satpam saat bertugas di lapangan”.

“Dalam perkembangannya, Satpam menjadi salah satu bagian yang esensial di berbagai sektor seperti industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata, dan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. Dengan kompetensi khusus yang tidak dimiliki masyarakat pada umumnya, rekan-rekan Satpam terus mendukung tugas Polri dalam menghadapi berbagai tantangan tugas seperti pada penanganan Pandemi Covid-19,”

“Namun di tengah upaya kita tersebut, Indonesia dihadapkan dengan tantangan lainnya yaitu gejolak ekonomi global akibat dari eskalasi geopolitik antara Rusia dan Ukraina. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam menghadapi gejolak tersebut agar perekonomian tetap berjalan. Tentunya upaya tersebut harus didukung dengan situasi kamtibmas yang kondusif, ” pungkas Wakapolres. 

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan janji Satpam dan prinsip-prinsip penuntun Satpam perwakilan mengambil tempat dan laporan, penyerahan Piagam penghargaan kepada Satpam yang berprestasi dan perwakilan Satpam yang menerima piagam penghargaan yakni Ngayo, Andika, Zulham Lubis, Supario, Yano, Ali Imran, Ade Irawan dan Musra, kemudian acara ditutup dengan peragaan senam Borgol yang akan diperagakan oleh Satpam PT. TBS.

 

(HT/HPK)

Berita Terkait

Top