Polres Kuansing Sosialisasikan Pendataan Siswa Berprestasi Rekrutmen Proaktif Bintara Polri 2023


HALOTERKINI.COM – Polres Kuansing melalui Kabag SDM (Sumber Daya Manusia) melakukan kegiatan Sosialisasi dan Pendataan Siswa Berprestasi Rekrutmen Proaktif Bintara Polri tahun anggaran 2023 Gelombang 2 di SMA Pintar Provinsi Riau Taluk Kuantan dan Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Kabupaten Kuansing, Selasa (4/10/22).

Dalam kegiatan sosialisasi dan pendataan siswa berprestasi tersebut Kabag SDM di wakili Oleh Brigadir Prasetyo, Briptu Aldio Febriandi dan Bripda Rafki Al Insani.

Kapolres Kuansing, AKBP Rendra Oktha Dinata SIK M Si melalui Kabag SDM Kompol Hadi Purnama S IP menjelaskan dalam seleksi penerimaan tersebut ada tiga jalur yang dibuka, di antaranya penghargaan, bakat dan prestasi. Dari ketiganya, jalur bakat khusus dinilai memiliki nilai tambah bagi instansi Polri.

Lalu ada juga jalur prestasi akademik dan nonakademik, misalnya untuk siswa juara olimpiade sains atau kejuaraan yang direkomendasikan Kemenpora dan Kemendikbud maupun tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.

“Bagi yang sudah lulus SMA/MA harus memiliki hasil ujian nasional peringkat satu sampai 10 terbaik di tingkat kabupaten/kota dan bukan ujian perbaikan,” ujar Kompol Hadi Purnama S IP.

Melalui prestasi nonakademik, yakni mereka yang juara tiga besar di bidang olahraga tingkat provinsi, nasional atau internasional yang diselenggarakan Kemenpora dan Kemendikbud.

Selain itu, ada juga slot untuk juara tiga besar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi, nasional atau internasional yang diselenggarakan Kemenag.

“Hafiz Quran minimal 10 juz serta memiliki kemampuan tafsir Quran dan atau pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat nasional.” tutur

Sebagai catatan, syarat prestasi nonakademik berlaku paling lama tiga tahun sebelum pendaftaran penerimaan anggota Polri dan dibuktikan dengan tanggal yang tercantum dalam piagam, piala, medali dan atau surat keterangan instansi.” tutur Kabag SDM Polres Kuansing, Kompol Hadi Purnama S IP.

 

 

(HT)

Berita Terkait

Top