Patroli Gabungan Dapati Lima Orang Warga Membakar Lahan


HALOTERKINI.COM – Patroli gabungan Dalkarhutla KPHP Sub DAS Belayan yang terdiri dari ketua Tim KPHP Belayan Dayat Andika, Koramil Kota Bangun Kopda Eko, Polsek Iptu Joko, Kecamatan Syahrani dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dapati 5 orang warga membuka lahan dengan cara dibakar.

Temuan warga membakar lahan ini didapat saat Tim gabungan berpatroli menyisir di Desa Suka Maju Kecamatan Kota Bangun sekitar pukul 09.00 WITA, Kamis (22/09).

Dari hasil temuan tim patroli gabungan mengamankan lima orang pelaku dan selanjutnya diberikan peringatan dan dihimbau untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama yaitu membuka lahan dengan cara dibakar.

Saat dikonfirmasi, Kopda Eko yang tergabung dalam patroli gabungan membenarkan temuan tersebut.

“Hari ini kami mendapati warga membuka lahan dengan cara dibakar, pelaku pembakaran langsung kami amankan dan diberikan peringatan, teguran dan himbauan agar tidak membakar lahan”, jelasnya.

Kurangnya kepatuhan dan kepedulian warga terhadap dampak Karhutla menjadi momok tersendiri, meski sudah dilakukan sosialisasi dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa namun pada kenyataannya masih didapati beberapa warga membuka lahan dengan cara dibakar.

“Saat ini kami tim patroli gabungan hanya memberikan peringatan dan teguran, namun kedepannya akan diberikan sanksi tegas apabila masih ada membuka lahan dengan cara dibakar karena dampaknya akan sangat membahayakan.” tutur Koramil Kota Bangun, Kopda Eko.

 

 

(HT)

Berita Terkait

Top