Lapas Binjai Kanwil Kumham Sumut Bersinergi Dengan Sat Narkoba Polres Binjai Berantas Peredaran Narkoba


HALOTERKINI.COM – Sehubungan dengan adanya laporan/informasi yang beredar, terkait Tim Satresnarkoba Polres Binjai yang berhasil membekuk dua tersangka pengedar narkoba berinisial AR(32) dan R (48). Yang diduga keduanya merupakan orang suruhan oknum narapidana dari Lapas Kelas IIA Binjai atas nama, Koko dan Inisial RM.

Kepala Lapas kelas IIA Binjai, Theo Adrianus AMd IP SH MH memerintahkan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Rinaldo Adeta Noah Tarigan AMd IP SH MH untuk segera mencari tahu kebenaran dari informasi tersebut.

Dengan mencari warga binaan atas nama, Koko dan RM yang diduga terlibat, sesuai dengan laporan/informasi yang diterima untuk segera dimintai keterangan.

Setelah kedua warga binaan atas nama, Koko dan RM dimintai keterangan. Dan dari hasil keterangan tersebut, Kepala Lapas Binjai, Theo Adrianus AMd IP SH MH membenarkan tentang laporan/informasi yang telah beredar tersebut kepada Polres Binjai dan yang bersangkutan diserahkan ke Polres Binjai.

Selanjutnya, Kepala Lapas Binjai, Theo Adrianus AMd IP SH MH segera memerintahkan pihaknya untuk melakukan razia di blok hunian warga binaan. Razia dilakukan secara mendadak dan rahasia.

Dalam keterangannya, Theo Adrianus mengatakan bahwa pihaknya siap berkomitmen bersama Polres Bnjai untuk memerangi peredaran gelap narkoba terkhususnya di kota binjai, dengan selalu mengedepankan kerja sama. 

“Sebagai salah satu bagian dari aparat penegak hukum di Indonesia, kami selalu berdampingan bersama Polres Binjai dan APH lainnya untuk memerangi peredaran gelap narkoba dengan melakukan langkah sinergitas, “ tegasnya.

“Dengan jumlah warga binaan sebanyak 1998 orang warga binaan, dengan kapasitas hunian yang hanya 736 orang warga binaan, serta jumlah personil/petugas yang terbatas tidak menyurutkan semangat kami, Lapas kelas IIA Binjai dalam melakukan tugas/fungsi pembinaan dan pengawasan, “ ujarnya 

“Dibalik keterbatasan petugas/personil untuk mengawasi warga binaan dalam penggunan alat komunikasi. Lapas Binjai siap untuk melakukan langkah sinergitas dengan Polres Binjai, “ tandasnya.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan oleh petugas Lapas yang terdiri dari Staf KPLP, Tim Satgas Kamtib dan anggota jaga Lapas kelas IIA Binjai. Selama dilakukan penggeledahan di kamar hunian, petugas sangat berhati hati dan teliti mengecek setiap sudut ruangan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan.

Selain teliti mengecek ruangan, petugas juga melakukan penggeledahan tubuh Warga Binaan. Dalam kegiatan razia dan penggeledahan tersebut, petugas menemukan sebuah handphone yang kemudian langsung diamankan oleh Tim Petugas Lapas Binjai.

 

(red)

Berita Terkait

Top