Beberapa Pejabat Utama dan Kapolres Jajaran Polda Riau Diserahterimakan


HALOTERKINI.COM – Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah pejabat utama dan Kapolres di jajarannya, Senin (9/1/2023) kemarin.

Kegiatan Sertijab digelar di Aula Tribrata lantai 5, Gedung Markas Polda Riau.

Rincian pejabat yang berganti, yakni Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah. Ia dimutasi menjadi Dirlantas Polda Banten.

Jabatan yang ditinggalkannya diisi oleh Kombes Pol Dwi Nur Setiawan, yang sebelumnya bertugas di Korlantas Polri.

Berikutnya, Kabidkeu Polda Riau Kombes Pol Retno Dwiyanti, berpindah tugas sebagai Kabidkeu Polda Banten. Ia digantikan Kombes Pol Widianto Wahyu Nugroho yang sebelumnya bertugas sebagai Kabidkeu Polda Papua.

Lalu, Kombes Pol Ferry Irawan selalu Dirkrimsus Polda Riau, dimutasi menjadi Kabid Propam Polda Kepri. Ia digantikan Kombes Pol Teduh Widodo, yang sebelumnya menjabat Dirkrimsus Polda Kepri.

Selanjutnya, Kabid Dokkes Polda Riau Kombes Pol dr. ARIS BUDIYANTO, Sp.THT-KL, pindah ke bagian Yanma Polri dalam rangka evaluasi jabatan. Ia digantikan Kombes dr. Khodijah.

Kemudian, Dir Intelkam Polda Riau Kombes Pol Aris Prasetyo, dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Kamsus Baintelkam Polri (dalam rangka Dik Sespimti Polri Dikreg ke-32 Tahun 2023). Posisinya digantikan Kombes Pol Sutrisno dari Polda NTB.

Pejabat yang juga berganti, adalah Kabidkum Polda Riau Kombes Pol M Edi Faryadi. Ia mengemban tugas dalam jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Bankum Divkum Polri (dalam rangka Dik Sespimti Polri Dikreg ke-32 Tahun 2023).

Jabatan yang ditinggalkannya, diisi oleh Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, yang sebelumnya menjabat Wadir Samapta Polda Riau.

Berlanjut ke jabatan Kapolres Pelalawan, yang sebelumnya diamanahi kepada AKBP Guntur Muhammad Tariq. Sebentar lagi akan digantikan AKBP Suwinto, dari Polda Kaltim.

Sementara AKBP Guntur Muhammad Tariq, diberi jabatan baru sebagai Kapolres Brebes.

Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, dimutasi menjadi Kabag Binkar Biro SDM Polda Riau.

Jabatan Kapolres Inhu, sebentar lagi akan diemban oleh AKBP Dody Wirawijaya, yang sebelumnya menjabat Koorspripim Polda Riau.

AKBP Indra Wijatmiko yang sebelumnya menjabat Kapolres Bengkalis, kini dimutasi menjadi Kabag Bekim Biro Logistik Polda Riau. Ia digantikan AKBP Setyo Bimo Anggoro dari Bareskrim Polri.

Sementara itu, jabatan Wadirkrimsus, akan diisi AKBP Iwan P Manurung dari Polda Papua Barat. Wakil Dansat Brimob Polda Riau, juga akan segera diisi oleh AKBP M Aries Purwanto dari Polda Sumbar.

Diungkapkan Irjen Iqbal, Sertijab ini merupakan tour of duty atau tour of area dalam rangka pengembangan karir dalam kepolisian yang harus dijalani.

“Suatu saat nanti diantara teman-teman maupun adik-adik semua yang ada di hadapan saya akan menjadi Kapolda bahkan lebih tinggi lagi, namun ada kuncinya yaitu kita ikuti, alami dan kita jalani. Tetapi semua itu ada bungkusnya yaitu perjuangan, tidak mengenal lelah serta dapat melewati dinamika tour of duty atau tour of area,” kata Irjen Iqbal.

Lanjut Kapolda Riau, dirinya ingin pejabat yang telah mengikuti Sertijab ini, untuk melaksanakan tugas dengan baik.

“Nikmati dan implementasikan bahwa ini adalah Anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa berupa amanah, rasa syukur dan tugas yang baik,” bebernya.

Menurut Irjen Iqbal, menjadi pemimpin itu harus sederhana dan bijaksana. Tugas dan tanggung jawab, meliputi seluruh pelaksanaan fungsi kepolisian.

“Tugas kita merupakan amal ibadah yang setiap hari kita laksanakan, bila kita melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dengan hati yang ikhlas,” paparnya.

Irjen Iqbal menerangkan, menjadi pemimpin tidaklah mudah. Semua butuh proses dan pembelajaran.

Kapolda Riau pun menyampaikan selamat melaksanakan tugas kepada pejabat yang baru dilantik.

“Terima kasih kepada pejabat yang lama kurang lebih 1 tahun kita saling mengisi, saling melengkapi dan juga saling koreksi. Terima kasih atas sumbangsih yang telah diberikan oleh pejabat lama. Semoga di tempat yang baru sukses dan kita dapat bertemu kembali,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakapolda Brigjen Pol Kasihan Rahmadi, para pejabat utama dan Kapolres jajaran Polda Riau.

 

(HT/HPR)

Berita Terkait

Top