TP PKK Gelar Webinar Hemat Energi: Ramah Bagi Bumi, Ramah di Kantong


HALOTERKINI.COM – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) menggelar webinar dengan tema hemat energi: ramah bagi bumi, ramah bagi kantong secara daring, Kamis (29/09).

Hadir dalam kegiatan tersebut mewakili Ketua Umum TP PKK, Sekretaris I TP PKK Irma Zainal Yusharto, Wakil Ketua Pokja I TP PKK Aniek Anani Kurniadi dan narasumber dari Manager Corporate Brand PT Pertamina Vega Pita.

Dalam sambutannya yang diwakilkan Irma Zainal Yusharto, Tri Tito Karnavian meminta TP PKK sebagai mitra pemerintah dapat berkontribusi dalam membentuk gaya hidup yang ramah lingkungan dimulai dari skala rumah tangga dengan mengurangi sampah plastik, memaksimalkan pencahayaan alami di rumah, menanam dan merawat tanaman serta melakukan penghematan BBM.

“Menjalani gaya hidup go green atau gaya hidup ramah lingkungan bermanfaat untuk kelangsungan ekosistem dan mengurangi polusi. Perubahan iklim memberi dampak yang dirasakan banyak orang dan karena itu konsep ramah lingkungan mutlak dilakukan melalui gaya hidup yang berdampingan dengan alam, yakni dengan tidak merusak alam dan ekosistemnya,” kata Irma.

Melanjutkan ajakan TP PKK, narasumber Vega Pita memberikan tips mudah hemat energi di rumah yang antara lain dengan mematikan lampu ketika pagi dan siang hari.

“Kemudian mengeringkan pakaian dengan sinar matahari dan tidak dengan mesin cuci, tidak membuang air secara cuma-cuma, memilik alat elektronik hemat energi, menggunakan kendaraan seperlunya, menutup pintu kulkas dengan rapat, serta mencari tau informasi mengenai saran penggunaan alat listrik secara hemat,” terang Vega.

Menutup pembicaraan, dirinya mengapresiasi program ObraS Kain PKK. Menurutnya program tersebut adalah wadah yang baik untuk saling berbagi informasi, sharing mengenai issue-issue terkini dan dapat menambah wawasan. 

“Mohon dukungannya terhadap program subsidi energi Pemerintah. Sedikit apapun partisipasi kita dalam dukungan, sangat berarti. Kedepannya mari kita bijak menggunakan energi supaya ramah untuk bumi dan kantong kita,” tuturnya.

 

 

 

(FIA)

Berita Terkait

Top