Keberhasilan Acara Puncak Sail Tidore 2022 tidak Lepas dari Peran Kemendagri


HALOTERKINI.COM – Sejumlah pihak mengapresiasi kesuksesan kerja kolaborasi Sail Tidore ke-12 tahun 2022. Hal itu tidak lepas dari peran sentral Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang memimpin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi Ketua Pelaksana Perayaan Puncak Sail Tidore 2022.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi peran Kemendagri, Kemendag dan pemerintah daerah (Pemda) terkait yang telah menyukseskan seluruh rangkaian Sail Tidore 2022. Dirinya meminta Pemda agar memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun di kawasan Sail Tidore 2022 untuk kesejahteraan masyarakat. 

“Ini saya kira sangat penting, karena setelah selesai Covid, saya kira ini baru acara besar yang kita lakukan,” terang Luhut. 

Sementara itu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga mengapresiasi koordinasi dan kolaborasi kementerian/lembaga dalam menyukseskan pelaksanaan Sail Tidore 2022.

“Terlaksananya Sail Tidore 2022 adalah hasil koordinasi dan kerja sama yang baik dari semua pemangku kepentingan, sebanyak 32 kementerian/lembaga dibantu sejumlah BUMN dan pelaku usaha serta pihak lainnya, bahu-membahu mewujudkan Sail Tidore 2022 ini,” ujarnya.

Apresiasi lain yaitu dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang sumringah karena event ini tidak hanya berjalan sukses namun juga mampu meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM di Maluku Utara.

“Saya mengapresiasi kesuksesan kerja kolaborasi Sail Tidore ke-12. Ini adalah momentum kita untuk kebangkitan ekonomi khususnya di sektor pariwisata yang berbasis even. Namun disisi lain pelaku UMKM dan ekonomi kreatif juga terbantu ekonominya sehingga meningkatkan kesejahteraan,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Kemendagri dalam hal ini Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri sebagai penanggung jawab acara puncak Sail Tidore 2022 dinilai berhasil membangun koordinasi antara kementerian/lembaga, TNI AU, TNI AL, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari leadership Mendagri Muhammad Tito Karnavian yang aktif turun langsung ke bawah mengecek persiapan, bahkan turut meyakinkan pihak swasta untuk membantu pendanaan pelaksanaan Sail Tidore dan menjalin kolaborasi yang baik dengan K/L.

Sail Tidore 2022 merupakan ajang internasional yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Event ini sempat tertunda selama pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir. Berlangsung sejak 24 sampai 28 November 2022, Sail Tidore 2022 mengangkat tema “Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-Bangsa”. Event ini juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga perekonomian khususnya di kawasan Indonesia Timur agar tetap stabil.

 

 

(HT/MEC)

Berita Terkait

Top