Tertangkap Basah Curi 50 Kg Brondolan Sawit, Polsek Pujud Terpaksa Kirim Berkas 2 Pelaku ke Persidangan PN Rohil 


HALOTERKINI.COM – Dua pencuri tertangkap basah curi brondolan buah kelapa seberat 50 KG di Blok I 17/18 Divisi II PT Tunggal Mitra Plantation Manggala pada Sabtu 14/1/2023 lalu, berkas 2 pelaku terpaksa di lanjutkan Polsek Pujud ke persidangan Pengadilan Negeri Rohil.

Pelaku berinisial M alias Yono (33) alamat KM 14 Sukajadi Kepenghuluan Sukajadi Kecamatan Pujud dan rekannya DHS alias Darpin (43) alamat Dusun III Suka Mulia Kepenghuluan Sukajadi Kecamatan Pujud. Kedua pelaku ditangkap oleh saksi 2 Junaidi dan Hamdani Subayak, kemudian dilaporkan oleh perusahaan tersebut melalui karyawannya bernama Ali Muksin Batubara (53) ke pihak berwajib karena merasa dirugikan sebesar Rp 125.000,- (Seratus dua puluh lima ribu rupiah). 

Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto SH SIK MSi melalui Kasi Humas AKP Juliandi SH membenarkan adanya laporan pengungkapan kasus tindak pidana pencurian ringan (Tipiring) berondolan buah kelapa sawit oleh unit Reskrim Polsek Pujud.

Dikatakan AKP Juliandi, awalnya saudara pelapor mendapat laporan dari saksi saksi yakni saudara Junaidi dan saudara Hamdani Subayak, bahwa mereka telah menangkap pelaku pencurian 1 karung berondolan buah kelapa sawit. Setelah di cek kebenarannya lalu pelapor memberitahukan kepada pimpinan perusahaan.

Pimpinannya memerintahkan pelapor untuk membuat surat administrasi dan mengantarkan pelaku ke Polsek Pujud. Kemudian pelapor mempersiapkan administrasi dan bersama saksi saksi membawa pelaku beserta barang bukti serta melaporkannya ke Polsek Pujud.

Adapun barang bukti yang dibawa, 1 karung goni berondolan buah Kelapa Sawit seberat 50 KG, 1 buah gancu, 1 martil, 1 unit handphone Nokia warna Merah dan 1 unit handphone Nokia warna Biru,” jelas AKP Juliandi.

Setelah menerima laporan dari pelapor kemudian dilakukan interogasi, kedua pelaku mengakui bahwa benar mereka telah melakukan pencurian berondolan buah kelapa sawit pada Sabtu 14/1/2023 lalu sekira pukul 03.00 WIB. Kedua pelaku ke TKP dengan menggunakan 1 unit sepeda motor merek Honda Beat warna Putih dan membawa peralatan berupa 1 buah karung goni warna Putih, 1 buah gancu dan 1 buah martil.

“Di TKP, kedua pelaku melihat ada 3 tandan buah kelapa sawit kemudian mereka mengeteki buah kepala sawit tersebut dengan menggunakan gancu dan martil, setelah berondolan buah kelapa sawit tersebut terlepas dari tandannya kemudian mereka kutip dan dimasukkan ke dalam karung goni sampai penuh,” jelas Kasi Humas Polres Rohil.

Terkait kasus Tipiring ini, Unit Reskrim Polsek Pujud telah mengadakan upaya mediasi antara kedua belah pihak agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan, akan tetapi pihak pelapor tetap supaya perkara tersebut ditindak lanjuti sesuai hukum yang berlaku.

“Oleh sebab itu, jajaran kami di Polsek Pujud melengkapi mindik dan berkas perkara untuk disidangkan ke PN Rohil. Untuk dakwaan kita sangkakan Pasal 364 KUHPidana,” tutur Kasi Humas Polres Rohil, AKP Juliandi SH.

 

(HT/HPR)

Berita Terkait

Top