Curi 1.445 Tandan Sawit Milik PT BSP, Otak Pelaku Pencurian di Ringkus Polisi


HALOTERKINI.COM – Seorang pria tua menjadi otak pelaku pencurian buah kelapa sawit sebanyak 1.445 tandan milik PT Bumi Sawit Perkasa (BSP), Sabtu (1/10/2022) lalu.

Pelaku berinisial PA (58) warga Desa Danau Lancang Kecamatan Tapung Hulu. PA melakukan aksinya di Afd V blok J 21-22 PT Bumi Sawit Perkasa Rayon A Desa Danau Lancang Kecamatab Tapung Hulu, Kabupaten Kampar.

Barang bukti yang berhasil diamankan 1.445 tandan buah kelapa sawit, sepeda motor merk Yamaha Vixion warna Biru BM 2188 AB. Dan dalam kejadian ini dilaporkan oleh MS (28) mandor PT BSP.

Kejadian ini terbongkar saat mendapat informasi dari security bahwa telah diamankan barang bukti buah kelapa sawit milik PT BSP di Afd V Blok J 21-22, kemudian Sulaiman bersama teman lainnya menuju ke TKP dan benar ada buah kelapa sawit yang tertumpuk sebanyak 8 tumpukan dengan jumlah sawit sebanyak 1.445 tandan dengan berat 11.560 Kg.

Selanjutnya barang bukti di bawa ke Polsek Tapung Hulu guna dilakukan proses hukum lebih lanjut dan atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebanyak Rp 27.189.120.

Pelaku langsung di selidiki dan masuk dalam DPO Polsek Tapung Hulu. Kemudian pelaku berhasil diringkus pada Minggu (27/11/2022) sekira jam 03.00 WIB oleh Jatanras Polda Riau. Selanjutnya terhadap tersangka di jemput Unit Reskrim dan di bawa ke Polsek Tapung Hulu guna dilakukan proses hukum lebih lanjut.

Kapolres Kampar, AKBP Didik Priyo Sambodo SIK melalui Kapolsek Tapung Hulu AKP Nurman SH MH membenarkan penangkapan pelaku ini/

“Pelaku sudah kita amankan di Polsek Tapung Hulu untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” jelas Kapolsek.

Ditambahkan pelaku yang mempunyai ide untuk melakukan pencurian buah kelapa sawit dengan terlebih dahulu berkoordinasi pihak keamanan MS dan JH yang sudah diamankan terlebih dahulu.

“Kemudian pelaku PA ini menyuruh KO ( DPO) untuk membawa pelaku pencurian kedalam kebun tersebut untuk mencuri, pelaku melanggar pasal 363 ayat (1) ke 4 KUH.Pidana Jo Pasal 55 KUH.Pidana, dengan acaman kurungan lebih kurang 5 tahun,” tegas Kapolsek Tapung Hulu, AKP Nurman SH MH.

 

 

(HT)

Berita Terkait

Top